1. Uraikan 2 (dua) bentuk balas jasa yang berhubungan dengan Appraisal & Reward.
(Chapter 8 : bobot 100%)
Jawaban yang disarankan :
1. balas jasa Intrinsic (intrinsic reward) yakni balas jasa yang diperoleh melalui kesenangan pribadi dengan melakukan pekerjaannya dengan menggunakan ketrampilan pribadi secara penuh dalam mengani masalah dan pencapaian target.
2. balas jasa extrinsic ( extrinsic reward ) yakni balas jasa yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan dan tidak diperoleh dari kesenagan pribadi . disini termasuk gaji dan upah, bonus, lembur, tunjagan hari raya dan pensiun.
2. Dalam kaitan degan Komunikasi Internal, uraikan 3 (tiga) jenis saluran komunikasi dan contoh masing-masing.
(Chapter 2 : bobot 100 %)
Jawaban yang disarankan :
1. electronic/interactive contoh : intranet, electronic mail dan web sites.
2. face to face contoh : diskusi informal, rapat staf dan formal team briefings.
3. one way contoh : notice board, audio/video cassettes staff handbooks, publikasi, buletin mingguan, company nessletters.
3. Uraikan 3 (tiga) perbedaan antara Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen.
(Chapter 5 : bobot 100 %)
Jawaban yang disarankan :
1. Struktur : akuntansi manajemen dapat diformulasikan dalam cara yang berbeda untuk berbagai tujuan, masing2 sesuai tujuannya. Bila dibandingkan dengan akuntansi keuangan pengaturannya lebih pada perhitungan akuntansi.
2. format : Tidak seperti pada sisitem akuntansi keuangan. Sistem akuntansi manajemen tidak hanya berhubungan dengan uang, tapi juga termasuk sejumlah informasi non monetary seperti jam kerja buruh, jumlah bahan baku yang digunakan dalam proses dan listrik yang dikonsumsi oleh pabrik.
3. time periods : informasi akuntansi manajemen difokuskan pada masa yang akan datang yang berhubungan dengan forecasts, estimasi dan proyeksi.
4. regulation : akuntansi manajemen tidak mempunyai external regulatory constrains.
5. legal requirements to pulish accounts : perusahaan tidak diwajibkan oleh hukum untuk menghasilkan management accounts, namun mereka diwajibkan secara hukum untuk menghasilakan financial accounts.
6. audit requirements : perusahaan terbatas diwajibkan oleh hukum untuk mengharuskan pembukuan mereka diaudit oleh auditor yang terdaftar.
4. Dalam kaitan dengan Gaya Manajemen (Management Style), uraikan 3 (tiga) model manajemen dan karakteristiknya.
(Chapter 2 : bobot 100%)
Jawaban yang disarankan:
1. open door : para manajer dapat didekati oleh karyawan setiap saat.
2. autocratic : kontrol dan power ada pada seorang individu biasanya chief executive.
3. paternalistic : perusahaan melihat karyawannya dengan cara kebapakan, dan karyawan hormat kepada manajer perusahaan seperti anak terhadap orang tuanya.
4. militaristic/hierarchical : manajemen diatur dengan cara yang formal dengan pemisahan tugas yang jelas.
5. democratic/consultative : keputusan diambil dengan referensi lebih dahulu dari sebanyak mungkin karyawan.
5. Uraikan 4 (empat) keuntungan dari penganggaran (budgeting)
(Chapter 5 : bobot 100 %)
Jawaban yang disarankan :
1. unification of effort ( penyatuan upaya ) : penganggaran menyatukan seluruh aktifitas karyawan dalam perusahaan. Contoh : anggaran akan menjelaskan apakah jumlah produk yang direncanakan oleh bagian penjualan dapat dijual atau dapat disediakan oleh bagian produksi dalam waktu yang diperlukan.
2. planning ( perencanaan ) : penganggaran mendorong perencanaan dimana perusahaan merupakan kepalanya dan para manajer tidak dapat bertanya apa sumber daya yang dibutuhkan untuk diperoleh.
3. motivation ( motivasi ) : penganggaran meningkatkan motivasi karena setiap orang dalam perusahaan telah mempunyai target untuk dicapai atau dilampaui.
4. control ( pengawasan ) : penganggaran menetapkan suatu benchmark untuk ukuran performance sebenarnya.
6. Uraikan 4 (empat) proses penilaian dalam kaitan dengan sumber daya manusia.
(Chapter 8 : bobot 100 %)
Jawaban yang disarankan :
1. assessing the individual performance ( menilai kemampuan individu ) : perincian tugas adalah biasa digunakan pada saat memutuskan batas tanggung jawab telah dipenuhi, dilampaui atau jatuhnya kurang dari standar yang diminta.
2. ageeing the assestment ( persetujuan penilaian ) : tahap berikutnya adalah memberikan kesempatan untuk diskusi dan umpan balik kepada individutentang kemampuan mereka. Hal ini biasanya dilakukan pada wawancara penilaian.
3. identifying training and development needs ( kebutuhan mengidentifikasi pelatihan dan pengembangan) : pelatihan dan pengembangan individu perlu untuk dikenali, aspek ini seharusnya tidak hanya dikonsentrasikan pada ketrampilan individu saat ini, tapi juga pada persiapan pribadi untuk tugas yang lebih penting dimasa yang akan datang.
4. setting objectives ( menyusun tujuan yang akan dicapai ) : setelah tiga tahapan pertama selesai , juru nilai dan orang yang sedang dinilai seharusnya setuju pada tujuan realistis yang akan dicapai pada waktu review berikutnya.
7. Uraikan 4 ( empat ) peranan sekretaris perusahaan dalam kaitan dengan tata kelola perusahaan.
(Chapter 3 : bobot 100 %)
Jawaban yang disarankan :
1. menangani register yang sesuai dengan undang undang ( maintaining the statutory registers ) diantaranya adalah : register keanggotaan, register dari para direktur dan sekertaris, register kepentingan direktur, biaya2.
2. mengingatkan dan mengumumkan pengadaan rapat umum tahunan ( notice of the annual general meeting ) : pemberitahuan termasuk menentukan anggota perusahaan dan auditor perusahaan dalam 21 hari pemberitahuan tertulis dari rapat umum tahunan dan 14 hari pemberitahuan rapat selain dari rapat umum tahunan atau rapat untuk menyampaikan usul / resolusi khusus.
3. special and extraordinary resolution : tugas sekretaris perusahaan meyakinkan para pendaftar untuk mengirim copy setiap resolusi khusus atau perjanjian dari direktur perusahaan.
4. ensuring that statutory form are filed promptly
accounts
minutes of director’s meeting and general meetings.
making accounts and ducoment available for inspection.
8. Dalam kaitan dengan market reasearch, uraikan 4 (empat) proses manajemen marketing.
(Chapter 7 : bobot 100%)
Jawaban yang disarankan :
1. mengembangkan rencana pemasaran ( develop marketing plans )
2. mengidentifikasi target pasar ( identify target markets)
3. memformulasikan strategi pemasaran ( formulate marketing strtategy)
4. mengawasi operasi pemasaran ( control marketing operations )
5. memonitor keberhasilan produk atau pelayanan ( monitor the success of product or services).
0 komentar:
Posting Komentar