Asuransi mobil saat ini merupakan sebuah kebutuhan bagi siapa pun yang berniat memiliki mobil, bukan hanya sebagai salah satu kebutuhan untuk membuat beban Anda lebih ringan apabila terjadi kecelakaan baik ringan maupun berat dimasa yang akan datang, akan tetapi juga sebagai kebutuhan untuk menghadapi berbagai keadaan yang tidak pasti dimasa depan. Namun seiring perkembangan perekonomian yang semakin baik maka tidaklah mengherankan apabila sekarang sangat marak perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kendaraan. Mulai dari yang menawarkan premi asuransi mobil murah sampai penawaran keunggulan paket jasa yang diberikan.
Namun sebaiknya sebelum Anda memilih produk asuransi kendaraan tersebut, jadilah konsumen yang cerdas dengan memahami kriteria apa saja yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah memilih produk asuransi. Berikut ini beberapa cara memilih produk asuransi mobil yang perlu Anda perhatikan, diantarnya adalah :
- Perhatikan paket asuransi dan pelayanan yang diberikan, luas jaminan yang diberikan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda sebagai calon nasabah
- Jangan mudah tergoda dengan premi asuransi mobil yang terlalu murah karena jangan sampai karena persaingan yang ketat saat ini, membuat perusahaan asuransi menawarkan jumlah premi yang murah namun ternyata tidak ada jaminan pelayanan yang baik.
- Cari tahu jaringan dan jejak rekam (track record) dari perusahaan asuransi yang mulai menarik perhatian Anda. cobalah mencari tahu dari mereka yang telah menggunakan jasa perusahaan tersebut. atau perhatian beraba jumlah bengkel rekanannya, berapa banyak kantor cabangnya. Hal ini sangat penting, agar Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat melaporkan kendaraan Anda yang sedang mengalami masalah.
- Tanyakanlah secara jelas apa saja fasilitas, kemudahan dan nilai plus yang diberikan perusahaan asuransi tersebut saat membeli produk asuransi mobil mereka. seperti apakah tersedia mobil pengganti, mobil derek, mobil ambulance, jasa montir, hotline service dan yang lainnya.
- Pilihlah perusahaan asuransi yang bonafid, dengan kondisi keuangan yang sehat. Hal ini penting karena saat ini ada banyak perusahaan asuranasi yang mengklaim bahwa mereka adalah yang terbaik, namun ternyata kondisi keuangan sedang dalam kesulitan dan tidak memiliki bengkel rekanan yang berkualitas.
Selain hal-hal tersebut diatas hal yang perlu Anda perhatikan juga adalah Pelayanan Jasa (service) yang diberikan oleh sumber daya yang berkaitan langsung dengan perusahaan asuransi tersebut. karena sebenarnya perusahaan asuransi merupakan perusahaan yang menjual jasa kepada konsumennya. Maka pelayanan prima adalah kata kunci dari sebuah perusahaan jasa yang terbaik. Hal ini dapat Anda ketahui dengan mengetahui seberapa cepat pelayanan yang diberikan mulai dari penerbitan polis asuransi, penanganan klaim dari konsumen, sampai pembayaran santunan.
Kinerja perusahaan asuransi sebenarnya dapat Anda ketahui dalam tiga sampai 4 tahun terakhir, dengan melihat seberapa besar premi asuransi mobil bruto yang mereka terima setiap tahun, dan berapa besar penambahan modal dan aset yang didapatkan setiap tahun. jangan sampai perusahaan asuransi yang Anda pilih ternyata bersifat spekulatif dalam menerima premi.
Sebagai konsumen yang cerdas Anda juga harus membandingkan jumlah premi asuransi mobil dari perusahaan asuransi lain yang memberikan tawaran sejenis. Setelah itu pilihlah yang memiliki track record yang baik, manajemen perusahaan yang sehat, tidak pernah inkar janji, dan tidak pernah mengalami wanprestasi dan berbagai hal negatif lainnya.
Semoga informasi mengenai cara cerdas memilih perusahaan asuransi dan premi asruansi mobil diatas dapat bermanfaat untuk Anda.
0 komentar:
Posting Komentar